GUEST LECTURE KBK ALJABAR: KRIPTOGRAFI KONTEMPORER

Pada hari Senin, 14 Juni 2021, diselenggarakan kegiatan ‘Guest Lecture (GL)’  dengan Materi ‘Kriptografi Kontemporer’. Kegiatan ini dilakukan secara daring (dalam Jejaring) melalui zoom, selama lebih dari dua jam.  Kagiatan ini merupakan salah satu program kegiatan Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Aljabar, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakata. Kegiatan GL ini diselenggarakan sebagai bentuk usaha untuk mengembangkan ilmu pengetahuan bidang aljabar dan aplikasinya. Pada kesempatan ini, KBK Aljabar menghadirkan pakar kriptografi dari Nanyang Technological University (NTU) , Singapore, Martianus Frederic Ezerman, Ph.D.

Martianus Frederic Ezerman, Ph.D  adalah  peneliti senior (Senior Research Fellow)  di School of Physical and Mathematicsal Sciences (SPMS), NTU, Singapore. Beliau memperoleh gelar Ph.D. pada universitas yang sama dengan tempatnya bekerja. Disertasi beliau tentang kode quantum asimetris. Penelitian yang sekarang digeluti meliputi Teori Pengkodean dan Kriptografi, baik yang klasik maupun quantum, Barisan, juga Matematika Diskret.  Disamping melakukan penelitian di NTU,  Martianus Frederic Ezerman, Ph.D  juga sering diundang untuk mengisi kuliah tamu atau menjadi pembicara pada seminar di berbagai universitas di Indonesia seperti UGM , ITB , UI , UNY  dan USD . Dia juga menjadi reviewer untuk beberapa jurnal internasional bereputasi internasional.

Kriptografi, juga teori pengkodean merupakan aplikasi dari ilmu Aljabar. Aljabar yang dipelajari pada perguruan tinggi meliputi Aljabar Abstrak maupun aljabar linear dan Aljabar terapan. Keduanya dibagi menjadi beberapa mata kuliah yang lebih spesifik, yang menjadi mata kuliah wajib maupun mata kuliah pilihan. Secara umum, mata kuliah-mata kuliah ini kurang diminati mahasiswa, karena dianggap sangat sulit dan tidak diketahui kegunaannya. Kriptografi, di UNY dinamakan dengan mata kuliah Teori Persandian, merupakan mata kuliah pilihan. Demikian halnya mata kuliah Teori Pengkodean.

Tidak banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan mata kuliah Kriptografi dan Teori Pengkodean ini. Bertujuan untuk mengenalkan teori ini, maka GL kali ini ditawarkan  ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia, secara gratis. Sekalipun gratis, setiap peserta diberi sertifikat. Dalam kegiatan ini diikuti oleh 165 peserta dari berbagi perguruan tinngi, yaitu: UNY, UGM, Politeknik Negeri Bengkalis, IAIN Ponorogo, UIN Walisongo, Univ Ahmad Dahlan, Univ Andalas, UINSU Medan, Univ Syah Kuala, Univ Sanata Dharma, Univ Hassanudin, SMA Al Izzah, IAIN Kediri, MA Mualimin Mualimat, Univ Jambi , UIN Sunan Kalijaga, UMSU, UIN Sumut, Unnes, Iain Kediri, ITS.

Martianus banyak menyampaikan tentang peran Matematika dalam komunikasi digital, bagaimana matematika melindungi komunikasi digital kita. Contoh peran Kriptografi adalah: komunikasi rahasia, autentifikasi, integritas, dan lainnya. Martianus juga memberikan materi terkait dengan kriptografi dasar. Dalam penjelasannya, juga disampaikan beberapa  pengetahuan dasar ilmu matematika yang digunakan dalam mengembangkan ilmu kriptografi ini, yaitu teori grup, teori bilangan, Lattice dan teori graf. Martianus juga menjelaskan lebih luas terkait dengan peran Matematika pada teori kriptografi modern.  Salah satunya adalah untuk mengembangkan sistem kriptografi untuk computer quantum jika berhasil dikembangkan.

Menurut Dr. Karyati, sebagai Ketua Kelompok Bidang Keahlian Aljabar yang sekaligus Kalab Aljabar, Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta,  menyatakan bahwa kegiatan GL ini, bertujuan untuk memberikan wawasan pada mahasiswa, khususnya, mahasiswa Program Studi Matematika, terkait dengan aplikasi Aljabar pada masalah-masalah di sekitar mereka. Keamanan penyimpanan data berbasis Cloud adalah salah satu bidang yang membutuhkan keamanan data , yang yang memanfaatkan ilmu kriptografi.  Kriptografi maupun Teori Pengkodean membutuhkan ilmu dasar yaitu teori grup, teori bilangan maupun ruang vektor.

Setelah mendapatkan pencerahan melalui kegiatan GL ini, diharapkan mahasiswa banyak yang tertarik untuk melakukan penelitian dalam skripsinya terkait dengan kriptografi.  Selain itu, harapan ke depannya, menurut Dr. Karyati, akan terjalin kerjasama yang lebih luas lagi, baik secara personal maupun lembaga. Secara personal, diharapkan akan terjalin dalam kerjasama peneltian dengan dosen yang tergabung dalam Kelompok Bidang Keahlian Aljabar maupun sharing pengalaman mengajar  mata kuliah-mata kuliah Aljabar.  Secara lembaga, diharapkan ada kegiatan visitting Professor dengan Dosen yang bersangkutan maupun dosen lain pada universitas tersebut maupun melakukan penelitian kerjasama luar negeri.

Selain hal tersebut, tujuan dari diadakannya GL ini adalah untuk membuka wawasan dosen bagaimana mengajarkan mata kuliah kriptografi dan Teori Pengkodean dalam implementasi Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (KMMB). Selain itu juga dosen menjadi lebih paham arah perkembangan kriptografi dan teori pengkodean modern, yang selanjutnya diharapkan isi mata kuliah ke depannya dapat disesuaikan dengan perkembangan penelitian yang ada.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Label Berita: