KULIAH PRAKTISI TAMU MATAKULIAH PEMROGRAMAN PERANGKAT MOBILE PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNY

Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) memberikan kesempatan kepada program studi untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak di luar kampus. Sehubungan dengan hal tersebut, Program Studi Matematika berperan serta dengan menyelenggarakan kegiatan program praktisi mengajar di kampus. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman perkuliahan kepada mahasiswa dengan dosen berasal dari praktisi dunia industri yang relevan dengan bidang ilmu. Selain itu program ini memfasilitasi dosen dan program studi untuk berinteraksi menjalin kerjasama dengan instansi asal praktisi.

Kegiatan mendatangkan praktisi untuk memberikan perkuliahan kepada mahasiswa Program Studi Matematika sangat relevan dalam upaya pencapaian Programme Learning Outcome (PLO) prodi, khususnya dalam penerapan ilmu matematika untuk menyelesaikan permasalahan dalam dunia nyata. Banyak mata kuliah di Program Studi Matematika FMIPA UNY yang dapat diselenggarakan dengan mendatangkan dosen dari praktisi, salah satunya adalah Pemrograman Perangkat Mobile. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan menyusun aplikasi mobile dengan melalui pemrograman. Dalam dunia industri digital yang akan terus berkembang seiring dengan perkembangan IPTEKS, kemampuan ini sangat diperlukan.

Pada kegiatan ini, Program Studi Matematika mengundang praktisi Hangga Aji Sayekti, S.Si, Senior Mobile Engineer (Remote Work) dari PT. Kredibel Teknologi Indonesia, Jakarta. Kepakaran narasumber ini relevan dengan kebutuhan Program Studi Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, khususnya dalam memberikan ilmu dan wawasan kepada mahasiswa dalam pengembangan aplikasi mobile dalam dunia praktisi.  Program kuliah praktisi tamu ini diharapkan dapat menjalin keberlangsungan kerjasama antar institusi.

Kegiatan ini secara umum ditujukan terbuka untuk seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang berminat, dan secara khusus diwajibkan bagi mahasiswa Prodi Matematika angkatan 2018. Kegiatan program praktisi ini akan diimplementasikan dalam pemberian kuliah pada mata kuliah Pemrograman Perangkat Mobile yang merupakan mata kuliah wajib Prodi Matematika di semester enam.

Penyelenggaraan program kuliah praktisi di Prodi Matematika ini mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut:

  1. Membuka wawasan mahasiswa mengenai penerapan salah satu mata kuliah yaitu pemrograman perangkat mobile dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja. 
  2. Menjalin komunikasi interaksi dan kerjasama yang saling menguntungkan (mutual partnership) antara Prodi Matematika dengan mitra perusahaan/industry. 

Fasilitator adalah dosen pengampu mata kuliah Pemrograman perangkat mobile, yaitu Bambang Sumarno HM, M.Kom dan Nur Hadi Waryanto, M.Eng. Peserta kuliah secara umum ditujukan terbuka untuk seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang berminat. Secara khusus kuliah praktisi tamu ini diwajibkan bagi mahasiswa Prodi Matematika angkatan 2018 (sem 6), dengan demikian ada sekitar 65 mahasiswa Prodi Matematika yang mengambil matakuliah Pemrograman Perangkat Mobile.

Kegiatan kuliah praktisi tamu dilaksanakan secara online via zoom pada mata kuliah Pemrograman Perangkat Mobile untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika pada umumnya dan Prodi Matematika pada khususnya, dilaksanakan melalui online sebanyak 4 kali tatap muka @120 menit atau 8 jam.  Kegiatan kuliah praktisi tamu Pemrograman Perangkat Mobile diselenggarakan pada tanggal 24 April, 1 Mei, 22 Mei, dan 5 Juni 2021. Tempat pelaksanaan di room zoom/secara online.