Visiting Professor from Nara Women’s University: Prof. Fugo Takasu

Pada hari Rabu-Jum'at, 13-15 Maret 2024 dilaksanakan kuliah Pemodelan Matematika. Kuliah ini melibatkan mahasiswa semester 6 program studi Matematika Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY dan seorang pengajar dari Nara Women's University, Nara, Japan yaitu Prof. Fugo Takasu.

Kegiatan perkuliahan kali ini mempelajari model spasial pada epidemologi. Selain itu, pada kuliah ini juga diberikan: pengantar Matematika Analisis dalam Biologi, model logistik, model Richer, predator prey, model Lattice: time diskret spasial kontinyu, time kontinyu spasial kontinyu, time diskret spasial diskret, time kontinyu spasial diskret. Perkuliahan berjalan lancar, terlihat dari peserta sekitar 60 mahasiswa yang antusias mengikuti materi serta diskusi dengan tanya jawab.

Sebagai pelengkap kuliah diberikan pula pengantar pemrograman Python. Dengan mempelajari program Python, mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk menyajikan simulasi numerik dari model matematika yang terbentuk. Dalam perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami materi baru yang diperoleh untuk bekal melakukan penelitian tugas akhir.

Label Berita: