Workshop Penyusunan Modul Ajar Matematika SMP Berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS)

Dalam upaya membekali guru matematika dalam penyusunan modul ajar berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS), telah sukses diselenggarakan kegiatan “Workshop Penyusunan Modul Ajar Matematika SMP Berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS)”.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan secara tatap muka di SMP Negeri 4 Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dan berlangsung dalam dua sesi, yaitu sesi workshop penyusunan modul ajar pada 4 September 2025 serta sesi implementasi modul ajar pada 18 September 2025 di salah satu kelas VII SMPN 4 Pakem.

Kegiatan ini digagas oleh Tim PkM Departemen Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Prof. Dr. Hartono, M.Si., dengan anggota Fitriana Yuli Saptaningtyas, S.Pd., M.Si.; Rofi Amiyani, M.Pd.; Ikha Puspita Parwitasari, S.Si., M.Sc.; dan Fithri Annisatun Lathifah, S.Si., M.Si.

Sambutan hangat disampaikan oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Pakem, Bapak Ponidi, S.Pd., yang menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini sebagai langkah positif untuk meningkatkan kompetensi guru matematika di sekolahnya. Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru matematika SMPN 4 Pakem, yaitu Peny Dyah Arumsasi, S.Pd.; Zuhdia Mufidah, S.Si.; Mei Indriawati, S.Pd.; dan Serli Evidiasari, S.Pd.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pemaparan materi “Modul Ajar Berbasis HOTS” oleh Rofi Amiyani, M.Pd., yang menjelaskan definisi dan kriteria modul ajar berbasis HOTS. Sesi dilanjutkan dengan pemaparan mengenai urgensi dan implementasi HOTS dalam pembelajaran oleh Prof. Dr. Hartono, M.Si., dengan contoh penerapan pada materi Bilangan Berbasis HOTS.

 

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi interaktif penyusunan produk modul ajar berbasis HOTS yang dipandu oleh Fitriana Yuli Saptaningtyas, S.Pd., M.Si., serta pengembangan soal dan media ajar yang disampaikan oleh Ikha Puspita Parwitasari, S.Si., M.Sc. dan Fithri Annisatun Lathifah, S.Si., M.Si.

Diskusi berjalan hangat dengan partisipasi aktif dari guru-guru matematika serta tim pendamping guru yang terdiri atas Anjarwati, S.Pd.; Luthfi Azmi Haikal, S.Pd.; Darojatun Fikri, S.Pd.; dan Zahrin Nurun Na’im, S.Pd.

Produk yang dihasilkan dalam workshop ini berupa modul ajar berbasis HOTS pada topik Aljabar yang terintegrasi dengan penggunaan media algebra tiles. Modul tersebut kemudian diimplementasikan pada salah satu kelas di SMPN 4 Pakem dengan hasil yang memuaskan.

Keberhasilan workshop ini menunjukkan bahwa pelatihan penyusunan modul ajar berbasis HOTS efektif dalam meningkatkan kompetensi dan kreativitas guru, serta memberikan dampak positif terhadap pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat terus dikembangkan dan diterapkan secara lebih luas di sekolah-sekolah lain.

 

Label Berita: